October 8

Resume Jurnal (pertama banget ngeresume..:)

Effect of nitrate and fumarate in tree leaves-based diets on nutrient utilization, rumen fermentation, microbial protein supply and blood profiles in sheep

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek nitrat dan fumarat pada pemanfaatan nutrien , fermentasi rumen, dan profil biochemical darah domba dengan diberi pakan daun pohon. Penelitian menggunakan tiga puluh dua domba jantan, dibagi menjadi empat kelompok dengan rata-rata berat tubuh yang sama. Grup kontrol hanya diberi pakan serat kasar berupa jerami, daun ardu (Ailanthus exersa), dan daun khejry (Prosopis chineraria). Grup T1 tidak diberi zat aditif, namun T2 dan T3 diberi tambahan 2% potasium nitrat dengan konsentrasi campuran dan 2% fumarat dari bahan kering.

Tidak ada efek pada perlakuan dry matter intake, bahan kering. Daya serap nitrogen muncul pada perlakuan kontrol dengan pemberian N. Konsentrasi glukosa, haemoglobin, dan albumin, urea darah nitrogen, dan kreatinin dan konsentrasi enzim darah yang berbeda tidak mempengaruhi perlakuan, tetpi konsentrasi dari total protein, globulin, dan kholesterol pada darah dari urutan tertinggi ke terendah yaitu T1, T3, C, dan T2. Penambahan mikrobia nitrogen atau protein mikrobia juga tidak memberikan efek yang berbeda. Total konsentrasi xylanase dan carmoxymethyl cellulase sama pada tiap kelompok. Namun total akitivitas xylanase muncul pada kelompok T3 daripada kelompok lain. Rata-rat produksi propionat. Konsentrasi dari N amonia, total N, dan trihkoloasetat N lebih rendah dari perlakuan kontrol daripada perlakuan lainnya, namun konsentrasi N larut tidak berefek pada perlakuan manapun.

Penambahan nitrat dan fumarat tidak berefek pada asupan pakan, penambahan nutrien, protein mikrobia, dan profil darah, tetapi memperbaiki konsentrasi N pada cairan rumen dan keseimbangan Npada 35% daun. Produksi methan secara in vivo seharusnya dievaluasi dengan tipe pola makanyang direkomendasikan untuk peternak.

Kesimpulannya penambahan fumarat sebanyak 2% pada bahan kering termasuk untuk asupan pakan domba smeskipun daun ardu dan khejri mengandung nitrat 0,6% dari bahan kering yang memiliki efek [ada fermentasi rumen.


Copyright 2021. All rights reserved.

Posted October 8, 2016 by denis.cyntia.m in category "my word

About the Author

Hi, I'm Denis from Trenggalek. Do you know Trenggalek ? If you don't know you can search in google :D

Leave a Reply

Your email address will not be published.